Tips Beli SSD agar tidak salah pilih

Tips Beli SSD agar tidak salah pilih

Tips beli SSD dengan tepat

Solid State Drive atau yang lazim dengan sebutan SSD adalah tempat menyimpan data/file di computer kita. Jika kita lihat, kegunaan SSD ini lebih kurang sama dengan HDD (Hardisk Drive). Cuma memang orang lebih banyak menggunakan HDD apabila dibandingkan dengan SSD ini.

Tidak ada perbedaan yang signifikan adalah Solid State Drive (SSD) dengan Hardisk Drive (HDD). Perbedaannya hanya terletak pada sisi cara operasinya saja. Cuma memang, masing-masing perangkat ini memiliki kelebihan dan kukurangannya masing-masing. Seperti yang akan kami uraikan dibawah ini

Kelebihan SSD (Solid State Drive)

Salah satu kelebihan dari SSD dibandingkan dengan HDD adalah dari sisi teknologi yang digunakan dalam proses penyimpanan data. Sistem pada SSD ini dalam proses penyimpanan data meletakannya pada tempat yang disebut dengan “block”. Ketika kita ingin mengakses data yang sudah disimpan sebelumnya, SSD tidak mencarinya secara acak tetapai langsung mengakses block tempat kita menyimpan data sehingga jauh lebih cepat dan efektif.

Jika dibandingkan dengan HDD, menggunakan SSD jauh lebih cepat dan efektif dan bahkan efisien. Inilah mengapa banyak praktisi yang menyarankan kita menggunakan SSD untuk perangkat komputer kita.

Dibalik kelebihannya, SSD ternyata juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan SSD yang paling signifikan adalah ukuran penyimpanan yang kecil dibandingkan dengan HDD.

Cuma, anda tidak perlu khawatir dengan kekurangan yang satu ini. Karena anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan cloud storage dan streaming media. Anda bisa tanya hal-hal teknis lainnya saat anda berkunjung toko komputer yang Jual SSD ini.

Faktor yang menentukan dalam memilih SSD

Pada dasarnya, dalam memilih SSD anda tidak akan ada masalah dengan kualitas dari sisi kecepatannya. Apalagi bagi anda yang sudah terbiasa dengan perangkat HDD. Biasanya yang membingungkan pengguna hanyalah merek yang ada. Karena saat ini terlalu banyak merek yang membuat kita bingung. Merek mana yang paling bagus dari merek yang ada.

Untuk itu, ada beberapa kriteria utama yang perlu anda pertimbangkan ketika anda ingin membeli SSD untuk komputer anda, beberapa diantaranya adalah:

High Maximum Speed

Memilih SSD dengan kecepatan seperti ini sangat penting sekali. Dan untuk mengukur kecepatan SSD yang anda beli bisa menggunakan aplikasi disk speed test.

Beberapa ukuran yang banyak disarankan adalah 400MB.detik untuk kecepatan membaca dan 300 MB/detik untuk kecepatan menulis. Sebenarnya anda tidak harus membeli SSD dengan kecepatan persis seperti yang disebutkan diatas. Tetapi bisa diantara 300 – 400 MB/detik. Baik untuk menulis maupun membaca data. Jika bedanya tidak terlalu banyak, biasanya tidak akan berpengaruh pada kecepatan SSD anda.

Multi-level Cell

Saat kita ingin membeli SSD di toko computer, biasanya kita akan dihadapkan pada 2 tipe memori. Memori tipe satu disebut dengan MLC (Multi Level Cell) dan tipe 2 disebut dengan SLF (Single Level Cell).

Perbedaan yang paling signifikan antara 2 tipe memori ini adalah dalam penyimpanan data. MLC mampu menyimpan beberapa data pada setiap cellnya. Sementara pada Single Level Cell hanya bisa menyimpan data untuk 1 cell saja.

Menariknya, Tipe memori dari MLC jauh lebih murah dibandingkan dengan memori tipe 2

SATA III Support

Agar performa SSD anda maksimal, maka saat membeli harus memastikan kalau SSD yang anda beli menggunakan serial SATA III. Karena SATA III memiliki kecepatan transfer data tercepat dibandingkan yang lainnya, yakni 6.0 GB.

Sementara untuk SATA I dan II adalah 1.5 GB dan 3 GB. Cuma, anda juga harus memastikan computer anda kompatibel dengan SATA 3. Jangan sampai anda sudah membeli SSD dengan SATA III tetapi computer anda tidak support.

ECC memory

ECC Memory membantu anda agar SSD yang anda miliki hanya digunakan untuk menyimpan file yang bisa digunakan. Alias tidak korup. Karena setiap anda menyimpan data baru di SSD, teknologi ECC Memory ini selalu melakukan pengecekan untuk memastikan anda tidak menyimpan file yang korup.

Dengan dukungan teknologi ECC Memory ini membuat SSD anda tetap efektif dan efisien dalam penggunaannya.

ukuran-ssdTRIM Support

Karena SSD tidak memiliki ruang penyimpanan yang besar, maka SSD sangat butuh dengan teknologi yang satu ini, Trim.

Teknologi Trim adalah sebuah teknologi yang mampu memindahkan file kita dari ruangan penyimpanan, namun tidak terhapu secara permanen. Misalnya, anda ingin menghapus sebuah file yang menurut anda tidak berguna lagi. Tetapi, suatu saat anda baru ingat bahwa file yang sudah anda hapus itu anda butuhkan lagi. Nah, menggunakan SSD dengan teknologi Trim ini anda bisa memanggilnya kembali. Karena pada dasarnya, file tersebut tidak anda hapus secara permanen, tetapi hanya dipindahkan saja dari ruang penyimpanan data.

Ukuran dari SSD

Ukuran SSD (Solid State Drive) pada umumnya adalah 2.5 inci. Walaupun juga ada ukuran 3.5 inci, tetapi jarang sekali digunakan. Oleh karenanya, pastikan ukuran SSD yang cocok dengan komputer maupun laptop anda.

Selain ukuran lebar dan panjangnya. Anda juga perlu mempertimbangkan ketebalannya. Apalagi jika anda menggunakan laptop dengan dimensi slim. Jika laptop yang anda gunakan slim, maka anda harus membeli SSD dengan ketebalan dibawah 12 mm. Mungkin ketebalan 7 – 9.5 mm bisa anda gunakan.

Nah, itulah beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan ketika anda ingin membeli SSD (Solid State Drive) untuk computer maupun laptop anda.

Kami sarankan agar anda membawa laptop langsung ke toko komputer untuk memastikan SSD yang anda beli kompatibel dengan laptop yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *