Cara membuat Slime dengan lem Fox * Termasuk bahan dan langkah-langkahnya

Cara membuat Slime dengan lem Fox * Termasuk bahan dan langkah-langkahnya

CARA BIKIN SLIME DENGAN MUDAH

 Cara membuat slime dengan lem fox tidak sesulit yang dibayangkan. Mungkin kata slime sudah tak asing lagi didengar, siap sich yang tidak kenal dengan mainan yang satu ini? Atau mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu slime? Slime merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang mempunyai arti yaitu “lendir”.

Mungkin mendengar kata lendir sudah terbayang jiji banget ya, namun adanya lendir tersebut pengaruh dari apa yang digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat slime itu sendiri.

Lalu kenapa disebut slime atau lendir? Karena bentuknya yang begitu kenyal, lembut dan berlendir seperti jelly jika disentuh, Menjadikan mainan slime ini menjadi salah satu mainan yang cukup fenomenal dikalangan anak-anak bahkan kaum remaja.

Fungsi slime sebenarnya yaitu untuk membersihkan debu yang menempel pada sela-sela barang-barang yang sulit dijangkau oleh kain lap biasa, namun bisa dengan mudah dibersihkan dengan slime, karena slime begitu elastis dapat menyesuaikan bentuk, seperti membersihkan debu disela-sela keyboard komputer, kipas angin, grill ac mobil, PC komputer serta masih banyak lagi tempat-tempat yang berdebu yang bisa dibersihkan dengan slime.

Namun oleh anak-anak jaman sekarang slime digunakan sebagai mainan kekinian yang bisa dibentuk dan diubah-ubah sesuai dengan imajinasi anak, bahkan slime ini dapat dijadikan sebagai bahan edukasi, dikarenakan bentuk slime yang begitu kenyal, lembut  dan elastis seperti jelly, yang lebih uniknya lagi slime ini dapat mengeluarkan bunyi yang sangat menarik pada saat dimainkan.

Inilah alasan mengapa slime banyak disukai oleh anak-anak, apalagi slime yang dimainkan hasil buatannya sendiri. Selain menyenangkan, kegiatan tersebut memberikan beberapa manfaat untuk anak-anak.

Manfaat Bermain Slime Untuk Anak-anak

#1. Dapat meningkatkan kreativitas

Saat anak-anak bermain slime, otak anak-anak akan dipacu untuk berfikir dan berimajinasi untuk membentuk slime yang menarik. Ini akan mendorong otak anak untuk selalu kreatif dan berfikir tentang hal-hal baru.

#2. Dapat membuat anak lebih bahagia

Kegiatan bermain sangat disukai oleh anak-anak, saat bermain slime tubuh akan memproduksi hormon endorfin lebih banyak yang membuat suasana hati menjadi lebih bahagia. Dan memang, kebanyakan permaian membuat anak-anak menjadi lebih senang dan bahagia.

#3. Dapat meningkatkan kreatifitas anak

Saat bermain slime, anak-anak akan mencoba berbagai cara untuk membentuk slime, mereka akan mengeluarkan imajinasi mereka agar slime yang dibentuk menjadi sempurna

#4. Dapat digunakan sebagai sarana penyaluran emosi dan ekspresi

Kebebasan, keberanian, gairah dan harapan anak-anak saat bermain slime, merupakan sarana utnuk menyalurkan perasaan yang ada di dalam diri mereka. Sehingga akan terbentuk sebuah karakter yang ceria serta aktif pada diri anak-anak

#5. Melatih anak-anak untuk bersosialisasi serta menghilangkan rasa jenuh

Jaman sekarang banyak sekali para orang tua ingin melihat anaknya anteng dan diam, mereka memberikan gadget sebagai teman main anaknya. Padahal cara ini merupakan cara yang keliru dan sangat tidak dianjurkan, karena akan memberikan dampak buruk pada rasa empati dan rasa sosial bagi anak-anak. Padahal ada cara yang lebih murah dan lebih mudah dengan mengajak dan mengajari anak-anak bermain slime bersama teman-temannya.

Untuk mendapatkan slime sekarang tidak sulit lagi, sudah banyak yang menjualnya. Kalau mau membuatnya sediri juga sangat mudah dengan bahan-bahan yang sangat gampang sekali didapatkan dan dijual bebas di toko-toko. Pada tulisan inipun kami sertakan langkah demi langkah cara membuat slime menggunakan bahan-bahan yang ada dirumah.

Baca juga: Bagi yang suka Rubik, lihat rumus rubik disini

Lalu bagaimana cara membuat slime??

 Sebenarnya metode atau cara membuat slime banyak sekali didapatkan dengan cara online,  sudah banyak sekali yang memposting cara untuk membuat slime. Cara-cara tersebut   dapat dikombinasikan agar menghasilkan slime yang bagus dan memuaskan untuk dimainkan.

Untuk membuat slime ada banyak sekali bahan-bahan yang dapat digunakan dan mudah ditemui, seperti shampo, rinso, sunlight, sabun cair, lem fox, lem povinal, lem, lem uhu, bahkan ada juga yang membuat slime dengan tepung tapioka. Saat ini yang akan dibahas adalah bagaimana cara   membuat slime dengan lem fox. Lem fox sangat mudah didapatkan tersedia ditoko buku juga toko bangunan, biasa lem fox ini digunakan untuk melekatkan kertas, texture, kayu, koraltex bahkan bisa digunakan sebagai plamur tembok.

 Membuat Slime Dengan Lem Fox

#1. Membuat Slime Dengan Lem Fox Tanpa Borax

Sebelum membuat slime perlu dipersiapkan alat serta bahan-bahannya dan alat yang dibutuhkan, berikut ini dalah alat yang dibutuhkan untuk membuat slime :

Alat yang dibutuhkan:

– 1 (satu) buah sendok digunakan sebagai alat untuk mengaduk
– 1 Mangkuk atau wadah
– Wadah tertutup untuk menaruh slime

Bahan-bahan yang diperlukan :

– Lem fox putih bisa digunakan sebanyak 3 sendok
– Diterjen cair / sabun mandi cair dipakaikan sedikiti saja, tidak lebih dari 100ml sebagai pengganti borax
– Pewarna makanan, bisa menggunakan pewarna makanan bubuk ataupun cair hanya dipakai 2 tetes, kalau mau warna slime nya putih tidak perlu dikasih pewarna
– Baby oil sebanyak 1/4 sendok teh
– Air putih secukupnya
– Baking powder sebanyak 1 sendok teh
– Obat tetes mata insto

Proses pembuatan Slime

  1. Tuangkan lem fox ke dalam mangkuk atau wadah secukupnya saja, pada umumnya digunakan cukup 3 (tiga) sendok saja bersama air bersih ke dalam wadah
  2. Tambahkan baking powder ke dalam wadah lalu aduk-aduk hingga adonan tercampur dengan rata
  3. Kemudian masukkan obat tetes mata, kemudian aduk kembali sampai semua adonan tercampur dengan rata
  4. Masukkan sabun deterjen cair / sabun mandi cair aduk kembali hingga rata
  5. Lalu masukkan pewarna makanan, aduk kembali adonan tersebut hingga menjadi kenyal. Ditahap ini sebenarnya slime sudah jadi, tinggal menyesuaikan tingkat kekenyalan dan warna nya saja
  6. Apabila slime yang dibuat sudah sesuai tingkat kekenyalan dan warnanya dengan yang diinginkan, langkah selanjutnya campurkan cairan baby oil ke dalam slime yang sudah jadi, agar pada saat dimainkan tidak lengket
  7. Langkah yang terakhir adalah, masukkan slime yang sudah jadi ke dalam wadah kemudian tutup rapat wadahnya.  Nah, sekarang slime anda sudah jadi dan siap untuk digunakan.

 

#2. Membuat Slime Dengan Lem Fox Tanpa Obat Tetes Mata Insto

 Kalau tadi membuat slime dengan menggunakan lem fox tanpa menggunakan borax, dengan ditambahkan obat tetes mata insto sebagai slime activator, lalu bagaimana jika di rumah tidak memiliki obat tetes mata insto? Tidak perlu dipaksakan juga jika tidak ada insto, untuk  menggantikan insto bisa menggunakan pewangi pakaian seperti downy atau bisa juga pakai molto, untuk bahan-bahan yang lainnya tetap sama serta cara membuatnya juga sama dengan yang pertama, hanya obat tetes mata insto yang digantikan dengan pewangi pakaian downy atau molto.

Jika dirumah tidak ada insto sebagai Slime Activator, maka bisa digantikan dengan pewangi pakaian seperti downy ataupun Molto

#3. Membuat Slime Dengan Lem Fox Putih

Kali ini yang akan dibuat slime dengan warna putih, untuk membuat slime putih ini bahan-bahan yang digunakan tidak memberikan warna lain selain warna putih atau bening yang tidak berwarna. Perlu diketahui lem fox memiliki 2 (dua) jenis warna yaitu warna putih dan kuning. Kali ini yang akan digunakan lem fox dengan warna putih untuk membuat slime tanpa menggunakan tambahan pewarna. Untuk bahan-bahan yang perlu disiapkan seperti:

Bahan yang digunakan:

  1. Lem fox dengan warna putih
  2. Body lotion dengan warna putih
  3. Bedak bayi yang putih
  4. Obat sariawan GOM
  5. Baby oil
  6. Baskom untuk wadah
  7. Sendok untuk mengaduk

Cara pembuatan dan langkah membuat Slime

  1. Siapkan wadah lalu tuangkan lem fox putih ke dalam wadah
  2. kemudian tambahkan dengan baby oil sebanyak 2-3 tetes lalu aduk sampai rata
  3. Selanjutnya masukkan bedak bayi ke dalam adonan slime supaya memiliki tekstur lebih padat sambil diaduk agar tercampur dengan baik
  4. Lalu tambahkan sekitar 10 tetes obat sariawan GOM agar slime yang dibuat menjadi kenyaldan tidak lengket
  5. Jika sudah dikasihkan obat sariawan GOM adonan slime masih lengket, tambahkan dengan baby oil agar tidak lengket
  6. Slime sudah jadi dan siap di mainkan

#4. Membuat Slime Dengan Lem Fox Menghasilkan Slime Rainbow

Dibagian keempat membuat slime menggunakan lem fox ini, yang akan dibuat yaitu slime rainbow dengan menggunakan lem fox berwarna putih netral agar mudah ditambahkan dengan berbagai macam warna.

Bahan-bahan yang digunakan

  1. Lem fox dengan warna putih natural
  2. Body Lotion
  3. Bedak tabur
  4. Slime activator
  5. Obat sariawan GOM
  6. Sabun mandi cair
  7. Aneka warna untuk pewarna makanan
  8. Baskom untuk digunakan sebagai wadah
  9. Sendok untuk mengaduk

Setelah bahan-bahannya sudah siap semua, selanjutnya perhatikan langkah-langkah untuk membuat slime berikut. Yang perlu dilakukan adalah:

  1. Siapkan wadah lalu masukkan lem fox putih ke dalam wadah sebanyak 3 sendok makan
  2. Masukkan slime activator, campurkan dengan lem fox sambil diaduk sampai merata
  3. Selanjutnya masukkan bedak bayi tabur sebanyak 1/2 sendok makan
  4. Adonan sambil diaduk-aduk,tambahkan sedikit body lotion yang fungsinya supaya slime tidak terlalu lengket ditangan ketika dimainkan
  5. Pada tahap ini adonan slime telah jadi, bagi kebeberapa tempat adonan slimenya untuk diberi warna yang berbeda, lalu berikan 1 tetes pewarna makanan yang berbeda pada setiap wadah, kemudian aduk hingga rata
  6. Setelah itu tambahkan sabun cair pada setiap adonan slime supaya slime menjadi lebih kental. Untuk menghasilkan tekstur slime yang baik tambahkan beberapa tetes obat sariawan GOM ke setiap adonan slime
  7. Kini slime dengan aneka warna telah jadi, siap untuk dimainkan

Sangat mudah bukan cara membuat slime dengan menggunakan lem fox. Dari bahan-bahan slime yang tadi sudah jadi, jika ingin dikombinasikan lagi dengan bahan-bahan lain juga bisa.

Untuk jenis slime itu sendiri banyak sekali jenisnya, diantaranya ada marshmallow slime, ada slime yang dibuat tanpa lem, slime activator, galaxy slime, slime glow in the dark, serta masih banyak lagi jenis-jenis slime yang bisa dimainkan. Mengapa slime jenisnya berbeda-beda? Karena untuk membuat slime itu sendiri menggunakan bahan-bahan yang berbeda serta cara membuatnya juga berbeda satu dengan yang lainnya.

Nah, itulah cara  membuat slime sendiri dirumah bersama anak-anak. Dengan membuat slime sendiri tentunya akan merasa aman dimainkan oleh anak-anak, karena mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat slime.

Semoga bermanfaat. Selamat Berkreasi

Media permainan ini cukup populer di beberapa daerah berikut : Maluku Utara Papua Barat Sulawesi Barat Kepulauan bangka Belitung Sulawesi Tenggara Gorontalo Jambi Bengkulu Maluku Sulawesi Utara Papua Kalimantan Utara Kepulauan Riau Sumatera Selatan Aceh Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Kalimantan Timur Nusa Tenggara Barat Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah Riau Kalimantan Barat Sumatera Barat Bali Jawa Tengah Banten Jawa Timur Lampung Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *