10+ Obat dan cara mengatasi Rambut Rontok

10+ Obat dan cara mengatasi Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok tanpa obat kimia

Untuk anda yang menghadapi masalah rambut rontok tidak perlu berkecil hati. Banyak sekali arternatif cara mengatasi rambut rontok yang bisa anda coba. Baik obat alami maupun obat yang kita dapatkan dari dokter. Yang paling penting adalah keyakinan anda akan obat tersebut. Dibuktikan dengan melakukannya secara konsisten.

Khusus untuk anda yang ingin mencoba obat alami sebelum berobat ke dokter, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi dan mengobati rambut rontok secara alami.

cara-mengatasi-rambut-rontok
Gambar 1. Cara mengatasi rambut rontok dengan Minyak Zaitun

#1. Cara pertama yang kami sarankan untuk Mengobati rambut rontok adalah dengan menggunakan Minyak Zaitun (Olive Oil).

Langkah pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi rambut anda yang rontok adalah dengan menggunakan Minyak Zaitun. Saat ini, anda bisa mendapatkan minyak zaitun dengan mudah ditempat anda tinggal. Namun, jika anda  tidak menemukannya di apotik tempat anda berdomisili. Anda bisa memesannya secara online.

Cara pakai minyak zaitun untuk mengatasi rambut rontok juga sangat mudah dan praktis. Ambil minyak zaitun secukupnya (sesuai dengan ketebalan rambut anda) dan kemudian oleskan secara merata hingga menyentuh akar hingga ujung rambut.

Setelah anda oleskan secara merata. Diamkan hingga beberapa menit. Bisa 3 – 5 menit. Selanjutnya anda bisa mandi dan membersihkan sisa-sisa minyak zaitun di rambut. Lakukan secara rutin. Bisa pagi hari maupun sore hari. Jika rambut anda sudah mulai tidak rontok, kurangi frekuensi penggunaan minyak zaitunnya.

#2. Mengatasi rambut rontok dengan cara Lawas, menggunakan minyak Kimiri

Bagi anda yang hidup di desa. Mungkin minyak kemiri ini bukan benda yang asing bagi anda. Tidak saja digunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok. Minyak kemiri bahkan minyak rambutnya anak-anak zaman dulu. Bikin rambut kita hitam dan mengkilap.

Anda bisa mendapatkan minyak kemiri ini di toko terdekat. Tidak hanya di apotik, minyak kemiri ini juga biasa di jual di toko biasa.

Keampuhan minyak kemiri untuk obat rambut rontok tidak perlu diragukan lagi. Karena minyak kemiri ini sudah digunakan sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan sampai sekarang masih banyak yang menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok.

Pamakaian minyak kemiri untuk obat rambut rontok juga tergolong sangat praktis. Sama halnya ketika kita ingin menggunakan minyak rambut yang lain. Hanya saja, kami menyarankan agar anda menggunakannya ketika tidak bepergian ke luar rumah. Karena tidak semua orang yang menyukai aroma dari minyak kemiri ini.

#3. Mengatasi rambut rontok dengan membiasakan Sarapan pagi.

Mungkin selama ini anda menyangka bahwa sarapan pagi sama sekali tidak ada hubungannya dengan rambut anda yang rontok. Padahal, rambut anda rontok bisa jadi karena kekurangan nutrisi dan protein.

Jika pada sarapan pagi anda mengandung protein yang cukup, maka ini sangat membantu pertumbuhan rambut anda. Karena protein yang anda konsumsi tersebut mengandung keratin yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Jadi, biasakanlah sarapan pagi dengan protein yang cukup. Terutama bagi anda yang mengeluh rambut rontok. Mudah-mudahan saja setelah membiasakan sarapan pagi ini, keluhan rambut rontok anda menjadi hilang.

#4. Obati rambut rontok dengan Lidah Buaya.

Sebenarnya tanaman Lidah Buaya tidak saja digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Mengobati rambut rontok hanya salah satu dari puluhan Khasiat Lidah Buaya.

Jika anda mengeluh rambut rontok dan tidak berminat menggunakan produk-produk obat rambut rontok yang ditawarkan dokter, maka lidah buaya adalah salah satu alternative yang bisa anda coba. Anda bisa menanamnya sendiri, meminta/membeli dengan teman maupun tetangga anda.

Potong lidah buaya hingga terlihat dagingnya. Selanjutnya oleskan daging lidah buaya tersebut pada rambut hingga merata. Kemudian diamkan beberapa saat. Mungkin sekitar 10 – 20 menitan. Setelah anda rasa cukup, selanjutnya anda bisa melakukan keramas menggunakan shampoo dan air mengalir.

Lakukan cara diatas secara rutin hingga rambut anda tidak rontok lagi. Mengobati rambut rontok menggunakan cara alami memang membutuhkan konsistensi dalam jangka waktu yang lama. Jika anda tidak sabar melakukannya dalam jangka waktu yang lama, anda bisa menggunakan obat rambut rontok kimia.

#5. Mengobati rambut rontok menggunakan Masker Buah-buahan

Jika menggunakan cara yang sudah kami sebutkan diatas terlalu mainstream. Anda bisa mencoba cara selanjutnya. Yaitu dengan menggunakan Masker buah-buahan.

Beberapa jenis buah buahan yang biasa digunakan sebagai alternatif cara mengatasi rambut rontok adalah melon, alpukat, pisang dan semangka.

Cara membuat masker dari buah-buahan diatas juga sangat praktis. Pertama : Blender 4 jenis buah tersebut hingga hancur. Jangan lupa tambahkan sedikit Yoghurt. Jika sudah selesai anda blender, oleskan hasil blender tersebut ke rambut secara merata. Lakukan cara ini setidaknya 1 x dalam seminggu.

Jumlah buah-buahan yang dibutuhkan untuk sekali pemakaian tergantung pada ketebalan rambut anda. Semakin tebal rambut anda tentu dibutuhkan banyak buah-buahannya.

Beberapa manfaat utama dari campuran masker buah-buahan diatas adalah membantu melembabkan rambut, semakin berkilau dan yang paling penting adalah membuat rambut anda semakin sehat.

#6. Cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan Minyak Lavender + menghilangkan ketombe secara alami.

Menggunakan Minyak Lavender tidak saja bisa mengatasi rambut rontok, tetapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe di kulit kapala anda. Karena minyak lavender ini mempunyai antiseptik sebagai disinfektan untuk kulit kepala.

Sama halnya dengan minyak zaitun dan minyak kemiri. Penggunaan Minyak Lavender ini tidak jauh berbeda. Cukup oleskan secara merata dari ujung rambut hingga ke akarnya. Kemudian diamkan hingga beberapa menit (15-20 menit). Selanjutnya bersihkan dengan melakukan keramas.

Anda bisa menemukan minyak Lavender ini di apotik terdekat. Atau jika sulit menemukannya, anda bisa membelinya secara online. Baik di Tokopedia maupun Bukalapak.

#7. Obat rambut rontok dengan menggunakan just Kentang.

Salah satu manfaat utama dari Jus kentang adalah mampu menumbuhkan rambut dalam waktu yang singkat. Apalagi jika ditambahkan dengan bahan lainnya seperti putih telur dan madu. Untuk anda yang mengalami rambut rontok berkepanjangan, kami sarankan menggunakan cara ini sehingga anda terhindar dari resiko kebotakan.

Cara membuat Jus kentang ini sama dengan membuat jus biasa. Cuma, anda harus menambahkan bahan tambahan seperti putih telur dan madu.

Setelah jus jadi, oleskan jus tersebut secara merata dari ujung rambut hingga akarnya. Seperti biasa, diamkan hingga beberapa menit. 20 hingga 40 menitan. Selanjutnya barulah anda bersihkan dengan melakukan keramas.

Untuk anda khawatir jika tumbuh uban sebelum waktunya, maka bisa juga menggunakan Jus Kentang ini. Karena jus ini bisa mengatasi tumbuhnya uban sebelum waktunya.

#8. Mengatasi rambut rontok dengan menggunakan bawang putih.

Bawang putih tidak saja diyakini sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok, tetapi juga bisa untuk mengatasi rambut yang sudah terlanjur rontok hingga beresiko terjadinya kebotakan.

Cara menggunakan bawang putih untuk mengatasi rambut rontok parah adalah sebagai beriktu :
Siapkan beberapa suing bawah putih + 1-2 sendok minyak zaitun.

Haluskan bawang putih. Bisa menggunakan blender. Jangan lupa campurkan dengan minyak zaitun.

Selanjutnya barulah anda oleskan pada rambut secara merata. Mulai dari ujung rambut hingga pangkal rambut. Pastikan anda mendiamkannya 20 – 30 menit.

Lakukan setiap hari hingga rambut yang rontok mulai berkurang.

Perlu anda ketahui, konsistensi anda dalam melakukan cara ini sangat menentukan tingkat keberhasilan anda dalam mengatasi rambut rontok.

#9. Mengatasi rambut rontok dengan menggunakan Bawang Merah.

Ternyata tidak saja bawang putih yang bisa mengatasi rambut rontok. Menggunakan bawang merah anda juga bisa mengatasi rambut rontok. Karena ternyata bawang merah juga mengandung sulfur yang tinggi sehingga cocok dijadikan sebagai obat rambut rontok.

Lihat disini : 10 cara lain mengatasi Rambut Rontok

Untuk cara pembuatan dan pemakaiannya relative sama dengan bawang putih. Hanya saja, pada bawang merah anda tidak perlu menambahkan minyak zaitun dalam campurannya.

#10. Atasi rambut rontok dengan Jeruk Nipis

SIapa yang tidak kenal dengan jeruk nipis. Jeruk yang mengandung vitamin C ini tidak saja digunakan untuk mengatasi rambut rontok, tetapi juga untuk mengatasi ketombe dan beberapa penyakit lainnya.

Potong jeruk nipis yang banyak airnya menjadi beberapa bagian. Kemudian, anda tinggal menggosok-gosokan potongan tersebut ke rambut anda secara lembuat dan merata. Selanjutnya diamkan hingga beberapa menit sebelum anda membersihkannya dengan keramas.

cara mengatasi rambut rontok dengan jahe
Gambar 2. Jahe untuk obat rambut rontok

#11. Mengatasi rambut rontok dengan memanfaatkan Jahe.

Jahe tidak saja digunakan untuk bumbu masak dan menghangatkan tubuh kala dingin menerpa. Tetapi ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat rambut rontok.

Salah satu kandungan jahe yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok adalah Zinegeron.

Untuk acara penggunaannya relative mudah dan praktis. Sediakan beberapa potong jahe, kemudian blender hingga hancur. Selanjutnya oleskan hasil blender ke rambut anda hingga merata sampai pada akar rambut. Diamkan selama 15 menit agar jahe bisa bekerja dengan maksimal. Setelah kira cukup, bersihkan dengan melakukan keramas.

#12. Mengatasi rambut rontok dengan membiasakan pola Hidup Sehat.

Logikanya, jika kamu sudah membiasakan pola hidup sehat, maka tubuh akan sehat. Jika tubuh sehat, maka rambutmu juga akan ikut sehat. Jadi, kita harus memulai dari pola hidup yang sehat.

Beberapa hal yang terkait dengan pola hidup sehat adalah olahraga, makanan yang anda konsumsi serta pola makan yang anda terapkan.

Kami menyarankan agar anda meluangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan setiap hari. Jika anda tidak punya cukup waktu, mungkin anda bisa melakukannya di akhir pekan.

Selain itu, pastikan juga makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang berkontribusi positif terhadap kesehatan anda. Terutama kesehatan rambut. Jangan sampai anda mengkonsumsi makanan yang jelas-jelas berbahaya bagi kesehatan rambut anda.

Selain itu, anda juga harus memastikan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang tepat. Tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Sesuai dengan takarannya.

Penulis berharap, dengan beberapa cara mengatasi rambut rontok diatas, anda bisa mempraktekan salah satunya secara konsisten sehingga anda terhindar dari bahaya rambut rontok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *