5 Kelebihan Email Marketing untuk Bisnis

Manfaat Memiliki Email Marketing Untuk Bisnis

Email Marketing Indoensia

Bisnis adalah rangkaian segala hal yang berhubungan dengan penjualan produk atau jasa. Bisnis tanpa promosi tidak mungkin berjalan, bagaimana mungkin produk anda akan dibeli orang, kalau anda tidak melakukan promosi.

Dalam bisnis online maupun offline, promosi menempati posisi yang sangat fital, tanpa promosi produk anda tidak akan dikenal, dan bagaimana mungkin costumer akan membeli barang yang tidak dikenal. dan pada akhirnya tanpa promoi bisnis anda akan gulung tikar. Untuk itulah wajib melakukan promosi dalam membangun bisnis anda.

Salah satu strategi promosi dalam bisnis baik bisnis online maupun bisnis konvensional, yaitu dengan adanya email marketing.

Apa itu Email Marketing

E-mail marketing merupakan salah satu teknik pemasaran online yang kerap dikerjakan oleh kaum pelaku bisnis khususnya pebisnisn online dengan memakai media e-mail (surat elektronik).

Dengan e-mail marketing, anda bisa senantiasa terhubung dengan customer maupun calon customer secara berlanjut. Kecuali untuk tawaran produk/buatan, e-mail marketing pula bisa membuat jalinan pada pelaku bisnis dengan customer terus terbangun dengan baik dalam periode panjang.

Berikut beberapa manfaat menggunakan email marketing dalam bisnis Anda.

1. Bersifat Pribadi

Email marketing memiliki sifat personal atau pribadi dibuat dengan tujuan untuk memperoleh perhatian yang relative lebih besar dari para customer atau calon customer.

Sebagian orang menyukai email marketing kerana email dapat diterima saat pelanggan merasa nyaman dan memiliki cukup waktu untuk membaca dan mempertimbangkan penawaran yang kita berikan. Berbeda dengan penawaran melalui telpon yang seringkali dianggap mengganggu waktu mereka terutama bagi mereka yang sedang bekerja atau sedang berada dalam perjalanaan.

2. Informasi Terkirim Lebih Cepat

Email marketing sedikit berbeda dengan penawaran menggunakan media cetak seperti brosur atau selebaran yang harus dikirim via pos. Meski isi email marketing dan brosur bisa sama, namun pengiriman brosur ke alamat calon customer membutuhkan waktu tertentu agar sampai ke tangan calon customer.

Dengan menggunakan email marketing kita dapat menjangkau calon customer dimanapun mereka berada bahkan saat mereka di luar pulau atau luar negeri. Sehingga mereka dapat melakukan booking atau pemesanan produk dengan segera setelah mereka menerima dan membaca email penawaran anda

3. Biaya Jauh Lebih Murah

Email Marketing bisa di bilang murah, Anda tak harus membayar untuk pencetakan atau prangko bila Anda menggunakan email untuk berkomunikasi dengan target clien. Anda mungkin harus membayar seorang desainer untuk membantu membuat desain yang bagus, tapi anda tak perlu membayar pekerja untuk biaya ongkos kirim.

4. Lebih Ideal

Surat elektronik sebagai alat yang ideal untuk pemasaran langsung terutama dengan target pasar yang tersebar dibeberapa lokasi geografis. Selain itu kita juga dapat menganalisa dari respon pelanggan dan calon pelanggan sehingga anda dapat memperbaiki kinerja pada penawaran berikutnya.

5. Membangun Hubungan Baik Dengan Customer

Email Marketing selalu membantu Anda membangun hubungan yang berkelanjutan, Anda akan tetap bisa menjalin hubungn baik dengan juga menarik kedekatan dengan mereka yang sudah lama telah melakukan kerja sama dengan anda.

Email marketing dapat membantu mengubah customer pasive untuk menjadi customer aktive. semua itu terjadi kerana selalu terjalin sebuah hubungan timbal balik yang saling membutuhkan antara pengusaha dan pembeli. Jangan kaget ketika ternyata produk anda tanpa anda sadari akan di kenal banyak orang di seluruh dunia.

Memperhatikan demikian banyak manfaat yang dapat diambil dari e-mail marketing ini, jadi Anda kaum pera pebisnis online tentu harus membangun e-mail daftar customer serta calon customer Anda.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda, #SalamSukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *