Urutan pangkat Polisi dari yang tertinggi hingga terendah

Urutan pangkat Polisi dari yang tertinggi hingga terendah

Urutan Pangkat Polisi & Sekolahnya

Terkadang, pengetahuan-pengetahuan umum seperti urutan pangkat polisi juga penting untuk kita ketahui. Baik sekedar wawasan, maupun agar kita bisa menjawab dengar benar jika suatu saat ditanya oleh anak, adik maupun saudara, kita bisa menjawab pertanyaan mereka dengan baik dan benar. Tidak sekedar menjawab tanpa pengetahuan yang memadai.

Khusus bagi anda yang benar-benar belum tahu seperti apa urutan pangkat polisi Indonesia, mungkin tulisan kami pada kesempatan ini bagus untuk dibaca. Pada tulisan ini kami tidak hanya memberikan urutan kepangkatan saja, tetapi juga memberikan gambaran alur yang akan anda jalani selama berkair di kepolisian.

Kami juga berharap, tulisan kali ini bisa memberikan pencerahan kepada anda yang ingin mendaftar dan berkarir di kepolisian, apakah mendaftar melalui Jalur Bintara atau Perwira. Karena keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Walaupun pada akhirnya bisa ketemu juga.

Oh ya, pada struktur organisasi di kepolisian menggunakan sistem hierarti dengan alasan agar perintah dari atasan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan yang diinginkan. Bahkan sistem hierarti ini digunakan untuk mengendalikan bawahan dalam melaksanakan tugasnya.

Hierarki ini merupakan jenjang karir yang ditandai dengan pangkat, semakin tinggi pangkatnya, maka secara hierarki juga akan semakin diatas dan begitu seterusnya.

URUTAN PANGKAT POLISI INDONESIA

#1. PERWIRA TINGGI

Nama Pangkat Singkatan Simbol Letak
 Pangkat-Polisi-Bintang-Jenderal Pundak
Jenderal Polisi Jend. Pol
Komisaris Jendral Polisi Komjen Pol
Inspektur Jenderal Polisi Irjen Pol
Brigadir Jenderal Polisi Brigjen Pol

 

#2. PERWIRA MENENGAH

Nama Pangkat

Singkatan

Simbol

Letak

Komisaris Besar Polisi Kombes Pol Pangkat-Komisaris-Polisi Pundak
Ajun Komisaris Besar Polisi AKBP
Komisaris Polisi Kompol

 

#3. PERWIRA PERTAMA

Nama Pangkat Singkatan

Simbol 

Letak
Ajun Komisaris Polisi AKP   Pundak
Inspektur Polisi Satu Iptu
Inspektur Polisi Dua Ipda

SEKOLAH PERWIRA POLISI

Bagi teman-teman yang ingin menjadi perwira, jalannya ada dua, pertama daftar dari jalur umum dan kedua dari Bintara ke Perwira (bagian ini kami jelaskan juga dibagian bawah tulisan ini)

#Jalur Umum

Untuk yang dari jalur umum, caranya dengan mendaftar di Akademi Kepolisin (AKPOL) Semarang dan belajar disana selama 3.5 tahun. Setelah lulus Akademi Kepolisian ini, pangkat yang diberikan adalah IPDA (Inspektur Polisi Dua) dan bisa ditempatkan di bidang administrasi (management) maupun bidang operasional. Jika disetarakan dengan gelar yang lain, maka tamatan Akademi Kepolisian ini setara dengan D3

Mendaftar di AKPOL ini bisa tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA), Bintara Junior maupun dari Sarjana. Untuk info lebih lanjut, bisa pelajari langsung di sini

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja

#Jalur Bintara

Untuk yang sudah terlanjur masuk Bintara, kemudian ingin jadi Perwira, maka jalurnya ada 3. Pertama melalui AKPOL. Untuk prosesnya sama seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Kedua, melalui Sekolah Inspektur Polisi (SIP) dan yang ketiga, melalui Sekolah Alih Golongan (SAG).

Bagaimana prosedurnya, berikut penjelasannya.

#Jalur Sekolah Inspektur Polisi (6 Bulan)

Jalur Sekolah Inspektur Polisi (SIP). Bintara yang bisa mengikuti Sekolah Inspektur Polisi ini adalah Bintara Senior dengan pangkat AIPDA atau AIPTU dengan lama pendidikan selama 6 bulan.

Jika anda berhasil menyelesaikan pendidikan di Sekolah Inspektur Polisi ini, maka anda akan diberikan pangkat IPDA yang siap ditugaskan di bidang operasional maupun management.

#Jalur Sekolah Alih Golongan (1 Bulan)

Sementara untuk jalur Sekolah Alih Golongan (SAG), hanya bisa diikuti oleh Bintara Senior dengan lama pendidikan selama 1 bulan.Sama halnya dengan ketika mengambil Jalur SIP, lulus SAG ini juga diberikan pangkat IPDA. Bedanya, hanya ditempatkan dibidang administrasi (management)

#4. BINTARA TINGGI

Nama Pangkat

Singkatan 

Simbol

Letak

Ajun Inspektur Polisi Satu Aiptu  Pangkat-Polisi-Bintara-Tinggi Pundak
Ajun Inspektur Polisi Dua Aipda

 

#5. BINTARA

Nama Pangkat

Singkatan 

Simbol

Letak 

Brigadir Polisi Kepala Bripka  Pangkat-Polisi-Bintara-Menengah Pundak
Brigadir Polisi Brippol
Brigadir Polisi Satu Briptu
Brigadir Polisi Dua Bripda

JALUR KEPANGKATAN BINTARA

Untuk anda yang mendaftar sebagai Bintara, berikut ini adalah gambaran umum perjalanan karir yang akan anda jalani sebagai Bintara.

Ketika pertama kali anda lulus sebagai Bintara, maka pangkat pertama anda adalah Brigadir Polisi Dua (BRIPDA), setelah selama 4 tahun menyandang pangkat Bripda ini, maka selanjutnya pangkat anda berubah menjadi Brigadir Polisi Satu (BRIPTU), ini juga akan anda jalani selama 4 tahun. Selanjutnya pangkat anda akan naik menjadi BRIGADIR. Setelah 4 tahun berpangkat Brigadir, selanjutnya pangkat anda akan berubah menjadi Brigadir Polisi Kepala (BRIPKA), anda akan menyandang pangkat ini selama 5 tahun.

Setelah 5 tahun berpangkat BRIPKA, selanjutnya akan naik menjadi Ajun Inspektur Dua (AIPDA), anda akan menjalaninya selama 2 tahun dan selanjutnya berubah menjadi Ajun Inspektur Satu (AIPTU), merupakan pangkat tertinggi dari Bintara.

Sebenarnya, bagi anda yang berminat menjadi perwira. Ketika mengemban pangkat AIPDA dan AIPTU bisa mengikuti sekolah  di AKPOL, SIP ataupun SAG untuk menjadi perwira Polisi

#6. TAMTAMA

Nama Pangkat

Singkatan

Simbol 

Letak

Ajun Brigadir Polisi Abrippol  Ajun-Inspektur-Tantama Pangkat-Polisi-Tantama Pundak
Ajun Brigadir Polisi Satu Abriptu
Ajun Brigadir Polisi Dua Abripda
Bhayangkara Kepala Bharaka
Bhayangkara Satu Bharatu
Bhayangkara Dua Bharada

Kami harap tulisan ini bisa memberikan pencerahan kepada pembaca sekalian yang ingin mendaftar menjadi polisi (berkarir di kepolisian). Yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah apakah mendaftar melalui Jalur Perwira atau Bintara, harus dipilih sejak awal. Jika mau jadi perwira, anda harus mengikuti sekolah di AKPOL Semarang. Tapi tidak untuk yang ingin masuk melalui jalur Bintara.

 

2 thoughts on “Urutan pangkat Polisi dari yang tertinggi hingga terendah

  1. Baru tahu kalau urutan pangkat polisi seperti ini
    Sekarang jadi tahu, siapa tahu adik saya berminat jadi polisi
    Jadi lebih mengerti apa yang harus dilakukan jika ingin menjadi perwira polisi
    Terima kasih Om Kaffah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *