14+ Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang harus disiapkan Ibu Muda

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir terkadang suka bingung, apa saja yang harus di per-siapkan menjelang kelahiran sang calon bayi. Apalagi untuk ibu hamil yang belum memiliki pen-galaman mempunyai anak sebelumnya, pasti mengalami kebingungan apa saya yang harus diper-siapkan untuk perlengkapan bayi.

Dalam memilih serta mempersiapkan perlengkapan calon bayi ini sangat penting sekali, perhatikan peralatan serta perlengkapan apa saja yang dibutuhkan jangan sampai membeli peralatan serta perlengkapan yang tidak dibutuhkan, dikarenakan tertarik dengan bentuknya yang lucu atau harganya yang sangat murah karena sedang promo discount. Pilih perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan, manfaat serta kualitasnya.

Pada saat kondisi kehamilan trimester ketiga merupakan dimana masa-masa yang paling mendebarkan bagi ibu hamil, biasanya akan merasakan perasaan yang campur aduk. Ada perasaan bahagia, rasa cemas, penasaran, bahkan rasa takut akan muncul ketika mau menghadapi proses persalinan. Namun perasaan cemas dan rasa takut yang muncul sebaiknya dibuang jauh-jauh, pikirkan saja perasaan bahagia menanti kelahiran sang buah hati.

Dukungan dari pihak keluarga begitu diperlukan dalam masa-masa seperti ini, terutama dukungan dari suami yang dapat menghibur istri. Ajaklah istri yang sedang hamil untuk berjalan-jalan di pagi hari karena udara pagi hari masih bersih, bagi ibu hamil jalan pagi memberikan manfaat serta pengaruh besar bagi kesehatan fisik serta psikis ibu hamil. Melakukan olahraga pagi seperti ber-jalan kaki dengan teratur dapat memicu hormone endorphin pada ibu hamil yang dapat mem-berikan ketenangan mental pada saat menghadapi persalinan.

Selain mempersiapkan diri ibu hamil untuk menghadapi proses persalinan, tak kalah pentingnya untuk mempersiapkan perelengkapan kebutuhan bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir akan banyak sekali membutuhkan pakaian serta perlengkapan lainnya.

Biar tidak bingung perlengkapan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kehadiran buah hati, berikut ini beberapa per-lengkapan untuk buah hati yang perlu dipersiapkan:

1. Kain Untuk Bedong

bedong bayiKain bedong merupakan istilah kata yang berarti ‘membungkus’ bayi dengan menggunakan kain. Kain bedong diperlukan karena pada saat bayi dibedong ia akan merasakan lebih nyaman dan dapat meningkatkan jumlah REM (rapid eye movement) yang menjadikan bayi akan tidur dengan lelap, sehingga jarang terbangun pada saat tengah malam dan dapat menjaga suhu tubuh bayi supaya tetap hangat, serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Pada umumnya kain bedong yang diperlukan dengan ukuran 110 cm x 90 cm, jika ingin lebih lebar juga bisa, agar lebih mudah untuk membedong. Biasanya kain bedong yang diperlukan sebanyak 12 pcs sampai 24 pcs.

Untuk yang bermasalah dengan ASI, bisa mencoba produk untuk memperbanyak ASI, lihat : https://melancarkanasisecaraalami.com/

2. Sediakan Popok Bayi

Popok bayi merupakan pengganti celana untuk bayi, yang bisa memberikan rasa nyaman ketika si buah hati sedang pipis atau juga sedang pup. Karena popok sekali pakai ini memiliki daya serap yang baik, banyak ibu-ibu yang menggunakan popok sekali pakai untuk si buah hati karena lebih praktis.

Biasanya bayi akan pipis setiap 2 jam sekali, dan akan lebih sering pipis jika cuaca lebih dingin, bi-asanya bisa 1 jam sekali bayi akan pipis. Jadi untuk waktu sehari semalam, popok yang diper-lukan sekitar 12 buah atau 24 buah. Jika ingin lebih hemat, bisa menggunakan popok kain yang bisa dicuci. Untuk satu hari pakai 12 buah dan 12 buah lagi yang sudah dipakai bisa dicuci untuk digunakan sebagai gantinya kembali.

3. Baju Bayi

baju bayiUntuk baju sediakan 2 model baju bayi, yaitu baju bayi dengan lengan pendek dan lengan pan-jang. Sediakan masing 12 buah baju lengan panjang dan 12 buah baju lengan pendek. Jika cuaca sedang dingin bisa menggunakan baju lengan panjang, jika cuaca panas bisa menggunakan baju lengan pendek.

Baju bayi tidak seperti bedong dan popok, ketika bayi pipis akan basah dan harus segera diganti. kalau baju bisa basah ketika bayi sedang muntah / gumoh atau bisa juga karena keringat yang ber-lebihan. Jadi baju cukup disediakan 2-3 baju untuk satu hari.

4. Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Memakaikan sarung tangan dan kaos kaki pada bayi itu cukup penting sekali, terkadang perlengkapan bayi yang satu ini dianggap sepele. padahal kaos kaki ini bisa memberikan ke-hangatan pada kaki bayi pada saat musim hujan dan suhu udara dingin. Pilih bahan kaos kaki yang lembut dan halus, atau bisa juga yang terbuat dari benang wool untuk dipakai pada saat su-hu dingin.

Sarung tangan juga sangat penting untuk bayi, karena bertujuan untuk melindungi kulit wajah dari goresan kuku tangan bayi yang panjang, karena sangibu belum berani untuk menggunting ku-kunya, dan sarung tangan juga bisa memberikan rasa hangat dikala suhu udara dingin. Sebaiknya sarung tangan jangan dipakai terlalu lama pada tangan bayi, karena di kawatirkan dapat mengganggu perkembangan motorik dan sensorik jari jemari dan telapak tangan anak. Cukup dipakai pada saat cuaca atau suhu dingin.

Baca juga:

5. Topi

Yang perlu diketahui, bahwa suhu panas tubuh pada bayi dikeluarkan melalui kepala, oleh ka-rena itu untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat topi sangat perlu dipakai untuk menutup kepalanya. Selain untuk menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat, topi juga bisa dipakai pada saat ba-yi di bawa keluar rumah atau pada saat suhu udara lagi dingin.

Pilih bahan topi yang halus dan lem-but, sehingga memiliki sirkulasi pertukaran udara pada kepala bayi agar hawa panas yang di keluarkan tubuhnya melalui kepala tidak terjebak di dalam topi.

6. Kaos Dalam (Kaos Singlet)

singlet bayiKaos dalam atau kaos singlet merupakan pakaian untuk menggantikan gurita, jika bayi merasa tid-ak nyaman memakai gurita untuk penggantinya bisa menggunakan kaos singlet. Biasanya baju bayi memilki bahan yang tipis, jadi dengan memakai kaos dalam terlebih dahulu bayi tidak akan merasa kedinginan. Biasanya sediakan 12 pcs kaos singlet untuk kebutuhan sehari-hari.

7. Celana Bayi

Celana bayi yang dipakai biasanya dengan model celana pop, celana pop ini bisa dipakai
pada saat mengajak si buah hati untuk berjalan-jalan. Dengan menggunakan celana pop dapat me-nutupi diapers yang dipakai. untuk kebutuhan hari-hari menyediakan 12 pcs celana pop sudah cukup, setalah dipakai bisa dicuci kembali.

Selain celana pendek dengan model pop, celana pan-jang dengan model buntu juga perlu disediakan. Model celana buntu yaitu celana panjang yag bagi-an kaki nya tidak memiliki lubang untuk kaki, celana panjang buntu ini sangat cocok dipakai pada saat suhu udara sengan dingin. Sama seperti celana pop, sediakan setidaknya 12 pcs celana pan-jang buntu untuk keperluan sehari-hari.

8. Selimut Untuk Bayi

Selimut untuk bayi biasa dipakai pada saat berpergian agar dapat melindungi bayi dari angin serta untuk menjaga suhu tubuh ketika suhu udara sedang dingin agar tetap hangat. Pilihlah bahan yang halus dan lembut untuk selimut bayi agar terasa lebih nyaman

9. Botol Dot dan Alat Steril Botol

ASI merupakan asupan nutrisi terbaik bagi si buah hati, banyak sekali khasiat yang terkandung di dalam ASI yang dapat mendukung tahapan tumbuh kembang si buah hati. Namun tidak semua ibu yang baru melahirkan dapat memberikan ASI kepada buah hatinya, disebabkan oleh kendala fisik, ASI nya tidak bisa keluar. Sebagai penggantinya bisa menggunakan susu formula dengan menggunakan botol dot untuk bayi yang sebelumnya sudah di sterilkan dengan alat steterilisasi khusus untuk botol dot bayi.

Untuk kebutuhan sehari-hari cukup menyediakan 4 buah botol dot untuk susu dan 1 alat seterilisasi yang ‘BPA Free’ untuk menjaga kesehatan bayi. Setelah botol digunakan dan selesai dibersihkan segera sterilkan botol nya, agar terhindar dari kuman dan virus di dalam botol.

10. Termos Untuk Air Panas

Termos Air panas perlu di persiapkan, agar ketika ingin membuat susu formula untuk si buah hati tidak perlu harus menunggu lama, harus memanaskan air terlebih dahulu. Dengan adanya termos air panas bisa menyediakan air panas agar dapat dengan cepat membuat susu formula untuk si buah hati.

11. Gendongan Bayi dan Kain Panjang

Menggendong bayi dengan waktu yang lama tangan akan merasa pegal, dan biasanya bayi akan merasa tidak nyaman jika di gedong hanya dengan tangan. Untuk solusinya bisa menggunakan gendongan bayi atau dengan menggunakan kain panjang untuk menggendong bayi. Apalagi jika bayi sedang rewel inginnya di gendong. Nah, gendongan bayi ini merupakan solusi yang tepat un-tuk di gunakan pada saat menggendong bayi dengan waktu yang lama.

12. Perlak Bayi / Alas Ompol

Perlengkapan bayi yang berikutnya adalah perlak bayi. Perlak bayi atau kain pelapis sangat penting digunakan untuk bayi, karena ketika bayi tidak menggunakan diapers dan mengompol, maka pipis bayi tidak akan merembes membasahi kasur, sehingga kasur bayi akan tetap kering serta lebih steril dan tidak bau ompol.

Disamping itu juga perlak bayi dapat memberikan kenyamanan kepada bayi ketika sedang tidur dan dapat mencegah agar bayi tidak mudah masuk angin ketika ngompol, karena pipis bayi akan cepat diserap oleh kain perlak sehingga baju bayi akan tetap kering.

13. Peralatan Mandi

Peralatan mandi untuk bayi juga harus disediakan, khususnya perhatikan produk-produk yang memang di peruntukkan khusus untuk bayi jangan salah untuk memilihnya. Sekarang ini sudah banyak sekali di tawarkan produk-produk yang khusus untuk perlengkapan mandi bayi dari beragam merek yang memiliki keharuman yang berbeda-beda.

Peralatan mandi yang perlu dipersiapkan yaitu bak mandi khusus untuk bayi, sabun mandi bayi, shampo bayi serta handuk untuk bayi dengan bahan yang lembut.

14. Ranjang Bayi / Box Bayi

Ranjang bayi atau box bayi sangat diperlukan, agar bayi dapat tidur dengan nyaman. Setelah me-lahirkan pada umumnya orang tua merasa kawatir jika bayinya harus tidur 1 ranjang dengan orang tuannya, takut kalau-kalau bayinya terhimpit oleh orang tuanya pada saat tidur. Karena setelah melahirkan orang tua akan merasa lelah dan bisa tertidur pulas tanpa sadar.

15. Tas Bayi

Tas bayi juga diperlukan untuk membawa perlengkapan bayi ketika ingin berpergian dengan si buah hati. Pada umumnya tas bayi memiliki ukuran yang besar, agar semua perlengkapan yang dibutuh dapat dibawa semua hanya denga satu tas saja.

Itulah beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang perlu dipersipakan dari sejak masa kehamilan 7 bulan. Agar pas sudah tiba waktunya sudah terkumpul semua perlengkapan bayi yang diper-lukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *