Rumus Rubik Praktis & Mudah untuk pemula

Rumus Rubik Praktis & Mudah untuk pemula

Rumus Rubik Harus Dihapal di Luar Kepala

Rumus rubik sangatlah membantu kita untuk menyelesaikan permainan puzzle pada rubik dengan cepat dan benar, karena tidak banyak orang yang dapat menyelesaikan permainan ini tanpa harus membaca atau menghapal dan menguasai rumus rubik diluar kepala, atau ada juga yang mempelajari meyusun puzzel pada rubik dengan menonton video tutorialnya.

Erno-Rubik-2017
Gambar 1. Penemu Rubik – Erno Rubik

Walaupun ada yang ingin memecahkannya itu akan sangat sulit sekali, karena rubik ini memiliki lebih dari 43 juta   triliun kemungkinan, jadi jika ingin menyelesaikan permainan menyusun puzzle pada rubik dengan cepat dan benar rumus rubik ini harus dihapal di luar kepala dan harus bisa diaplikasikannya.

Kecepatan dalam menyusun rubik juga dipengaruhi oleh kecepatan tangan serta kwalitas rubik itu sendiri, ada yang diputarnya mudah ada juga yang sering macet kerna bukan rubik yang asli.

Rubik pertama kali ditemukan  pada tahun 1974 oleh seorang profesor yang bernama Erno Rubik, saat pertama kali diciptakan rubik kubus ini diberi nama yaitu “kubus ajaib” dan oleh penemunya puzzel rubik ini dapat disusun dengan memerlukan waktu 1 bulan. Kemajuan teknologi internet   sudah tidak bisa dibendung lagi, semua informasi tentang rumus bagaimana cara menyusun puzzel pada rubik dengan cepat kini sudah sangat mudah sekali diperoleh, berbagai tutorial juga sudah banyak tersedia di youtube.

Sekarang sudah tidak ada lagi yang mau menghabiskan waktunya selama 26 tahun untuk memecahkan persoalan teka-teki rubik kubus, seperti seorang pria yang bernama Graham Parker warga Negara Inggris yang menghabiskan waktunya selama 26 tahun hanya untuk memecahkan persoalan rubik kubus.

Tim Kaffah ID saja rada pusing menulis rumus-rumus rubik ini, apalagi Graham Parker yang memikirkan rumus yang sebelumnya masih abstrak. Pasti lebih pusing dan rumit.

Ketahui Rumus Bermain Rubik

rumus rubikAnda perlu mengetahui terlebih dahulu notasi rumus bermain rubik sebelum Anda menyelesaikan menyusun puzzle pada rubik. Rubik ini berbentuk kotak kubus yang memiliki 6 sisi serta 6 jenis warna. yaitu warna merah berlawanan dengan warna orange. Warna putih berlawanan dengan warna kuning. Warna biru berlawanan dengan warna hijau. Dan notasi ini mewakili dari ke 6 sisi rubik yang nantinya notasi ini akan digunakan untuk menyelesaikan permainan rubik, ke 6 notasi tersebut diantaranya:

R  (Right)        =  Bagian kanan diputar searah dengan jarum jam

L   (Left)          =  Bagian kiri diputar searah dengan jarum jam

U  (Up)            = Bagian atas diputar searah dengan jarum jam

D  (Down)       = Bagian bawah diputar searah dengan jarum jam

F  (Front)        = Bagian depan diputar searah dengan jarum jam

B  (Back)         = Bagian belakang diputar searah dengan jarum jam

 

Jika simbol ditulis dengan huruf kecil (u, l, d, r ) maka yang diputar adalah layer ke-2 yang berada didalam)

Jika pada simbol ditemukan tanda aksen (‘) dibagian atas, maka pemutaran dilakukan secara berlawanan   dengan arah jarum jam,

R’  (Right)  = Pada bagian sebelah kanan diputar berlawanan dengan arah jarum jam

U’  (Up)      = Pada bagian atas  diputar berlawanan dengan arah jarum jam

F’  (Font)    = Pada bagian depan diputar berlawanan dengan arah jarum jam

L’  (Left)      = Pada bagian sebelah kiri diputar berlawanan dengan arah jarum jam

 

Apabila penulisan simbol menggunakan huruf kecil, maka kedua kedua sisi rubik diputar secara bersamaan, apabila simbol dengan angka “2” maka pemutaran dilakukan sebanyak dua kali (180 derajat). Selain simbol-simbol diatas, yang perlu diketahui istilah-istilah lainnya dalam permainan rubik, seperti:

Ceter   : Kotak yang berada tepat di bagian tengah (pusat)

Edge    : Kotak yang beradada di atas dan bawah center

Corner : Kotak bagian samping yang berada dibagian sudut kanan dan kiri

Dalam permainan rubik ada banyak sekali jenis dan variannya, kali ini yang akan dibahas yaitu permainan rubik dengan rumus rubik 2×2, rumus rubik 3×3 dan rumus rubik 4×4.

Baca : Buku bagus “Senyaring Tawa Ananda

Rubik Dengan Rumus 2×2

Untuk menyusun puzzle pada rubik dengan rumus 2×2 akan terasa mudah sekali jika sudah menguasai rubik dengan rumus 3×3 semua rumusnya sama, yang harus dilakukan pertama-tama yaitu:

  • Pada sisi bagian bawah dibuat menjadi warna putih semua, ini menandakan bahwa layer 1 sudah teratur atau telah jadi, tidak ada trik khusus untuk melakukannya, rumus yang di gunakan    R U R’.
  • Langkah selanjutnya pada bagian sisi atas diratakan menjadi warna kuning semua dengan menggunakan rumus R U R’ U R U2 R’.
  • Untuk langkah selanjutnya, jika sisi atas sudah rata dengan warna kuning, kemudian untuk tahap berikutnya atau langkah penyelesaiannya gunakan rumus R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L

Nah inilah cara mudah untuk membuat puzzle pada rubik dengan rumus 2×2.

Rubik Dengan Rumus 3×3

Menyusun rubik dengan rumus 3×3 sedikit memerlukan waktu yang lebih lama, bagi yang baru  pertama kali bermain rubik dibanding dengan rumus rubik 2×2 yang sangat mudah sekali. Sebelum memulai menyusun rubik yang perlu diketahui rumus serta gerakan mendasar mengenai memutar rubik karena sangat diperlukan dalam menyelesaikan permainan rubik ini. Nah berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyelesaikan rubik dengan rumus 3×3

#1. Langkah 1

Yang harus dilakukan pertama-tama yaitu membuat tanda cross atau “+”. Untuk membuat tanda cross ini posisikan rubik dengan warna kuning diposisi bagian atas dan warna putih diposisi bagian bawah, yang akan dibuat ialah cross putih dengan center kuning.

Dalam pembuatan tanda cross ini tidak diperlukan algoritma atau rumus, yang digunakan hanyalah logika atau intuitif, setelah cross jadi selanjutnya samakan semua warna dengan warna yang berada pada sisi kakinya. Kalau warna kaki rubik berwarna hijau, maka warna sisi hijau harus disamakan dengan warna center yaitu warna merah. Kemudian diputar sebanyak 2 (dua) kali menuju ke center yang berwarna putih.

#2. Langkah 2

Setelah berhasil membuat cross berwarna putih, untuk langkah kedua menyelesaikan layer pertama pada rubik. Caranya adalah warna putih diposisikan pada bagian bawah, lalu  carilah keempat sudut yang memiliki warna putih dengan menggunakan rumus F’ U’ F, R U R’,(R U’ R) U2 ( R U R’) dan R U R’ U’ R U R’. Rumus ini untuk menyelesaikan langkah kedua.

#3. Langkah 3

Selanjutnya yaitu membuat cross bagian sisi atas rubik, dengan menggunakan rumus (F R U)    (R’ U’ F’) tujuannya untuk membuat 2(dua) Edge yang saling bersebrangan. Untuk membentuk 2(dua) Edge yang saling bersebelahan gunakanlah ruus (F U R) (U’ R’ F’). yang perlu diperhatikan jangan salah mengaplikasikan rumus ini supaya rubik yang akan disusun dapat selesai, jika salah mengaplikasikannya makan akan memulai dari awal lagi.

#4. Langkah 4

Langkah yang berikutnya mengubah posisi corner yang berada di layer atas, untuk mengubahnya menggunakan rumus R U R’ U R U2 R’. Jika corner masih belum bisa berubah ke posisi diatas maka rumus tersebut bisa diulang kembali karena sangat penting yang nantinya akan berpengaruh dalam menyelesaikan tahap akhir.

#5. Langkah 5

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah merubah posisi corner pada bagian layer ketiga supaya warna nya menjadi sama semua dengan warna rubik yang terakhir. Kalau menemukan warna rubik yang sama, maka pergunakanlah rumus (R U’ R) D2 (R’ U R) D2 R2. Setelah melakukan rumus ini susunan rubik yang baik sudah terlihat. Sekarang tinggal 1(satu) langkah lagi untuk menyelesaikan puzzle pada rubik ini.

  • Langkah 6

Langkah yang terakhir dalam menyelesikan rubik rumus 3×3 yaitu menyelesaikan 3(tiga) atau 4(empat) Edge yang warnanya masih berbeda. perhatikan jika warna Edge searah dengan jarum jam, rumus yang bisa digunakan F2 U L R’ F2 L’ R U F2.

Namun apabila posisinya berlawanan dengan arah jarum jam, makan rumus yang harusnya digunakan ialah F2 U’ L R’ F2 L’ R U’ F2. Kalau Edge yang tersisa ada empat Edge, algoritma ini dapat diulang kembali sekali lagi dan hasilnya rubik 3×3 selesai sudah dengan sempurna.

Rubik Dengan Rumus 4×4

Menyelesaikan permainan rubik dengan rumus 4×4 sedikit lebih sulit bagi yang belum pernah bermain rubik sama sekali, namun jangan berkecil hati dulu, jika sudah pernah menyelesaikan  rubik dengan rumus 3×3 maka untuk menyelesaikan rubik dengan rumus 4×4 menjadi tidak begitu sulit lagi, karena masih ada hubungannya dengan rubik yang menggunakan rumus 3×3 hanya tinggal ditambah beberapa rumus lagi saja.

#1. Membuat Bagian tengah / Center

Yang pertama harus dilakukan yaitu membuat center terlebih dahulu, membuat center atau menyusun bagian tengah pada rubik dengan rumus 4×4 tidak bisa sembarangan, harus             disesuaikan dengan susunan warnanya seperti warna merah bersebrangan dengan warna orange, warna putih bersebrangan dengan warna kuning dan warna hijau bersebrangan warna biru. Ada beberapa langkah untuk membuat center rubik 4×4, namun disini hanya digunakan satu langkah saja agar tidak terlalu rumit untukmenghapal rumus-rumusnya.

#1. Langkah 1

Diawal akan terasa sulit untuk mengerti rumusnya, tapi coba pahami kembali. Posisikan warna putih ( walaupun bisa menggunakan warna lain, namun agar lebih mudah untuk dipahami gunakan warna putih) gunakanlah rumus d R’ d’

 #2. Langkah 2

Setelah langkah satu telah selesai saatnya lanjut kelangkah kedua, kemudian warna putih    ditempatkan pada posisi 2, gunakan rumus diatas agar warna putih yang sebelumnya berada di sisi sebelah kanan makan akan berpindah posisi. Lakukan terus langkah 1 dan langkah 2 hingga terbentuk menjadi center

#2. Menyusun Bagian Tepi Rubik Menjadi Benar

Tepi yang dimaksud adalah tepi rubik yang berjumlah 2 kotak yang bersebelahan

dan mempunyai komposisi warna yang sama persis, pembentukan warna yang persisi ini untuk nantinya rubik dapat diselesaikan seperti menyusun rubik 3×3. Gunakanlah rumus (u’ R U’ R’ u) untuk membuat tepi rubik menjadi berpasangan, lakukanlah dengan cara diatas sampai tersisa 2 pasang yang belum jadi. ( jika beruntung malah akan jadi semua) namun jika masih tersisa 2 yang belum jadi gunakan rumus (d R F’ U R’ F d’) untuk menyelesaikannya.

#3. Bisa Dianggap Sebagai Rubik 3×3

Setelah bagian tengah dan tepi selesai dengan benar, maka rubik tersebut bisa dikatakan sebagai rubik 3×3. Pada bagian empat kotak tengah rubik 4×4 bisa dikatakan sebagai bagian tengah rubik 3×3 dan 2 kotak bagian tepi rubik 4×4 bisa dikatakan bagian tepi rubik 3×3, untuk menyelesaikannya gunakan cara menyelesaikan rubik 3×3. (jika beruntung step rubik 4×4 ini bisa dikatakan sudah jadi) terkadang bisa temukan kesalah pada saat menyelesaikan bagian atas rubik menjadi satu warna, padahal bagian bawah sudah selesai semua. misalkan pada bagian atasnya berwana kuning dan terjadi kesalahan, maka gunakanlah rumus (r2 B2 l U2 r’ U2 r U2 F2 r F2 l’ B2 r2) supaya bagian atas tersusun dengan benar.

 #4. Jika Menemukan Kondisi Error

Biasanya dalam menyelesaikan rubik 4×4 dengan menggunakan rumus 3×3, sering kali terjebak pada kondisi eror. Jika terjadi kondisi seperti ini untuk memperbaikinya bisa menggunakan rumus (r2 U2 r2 U2 u2 r2 u2).

Kunci keberhasilan bermain rubik adalah pemahaman anda terhadao rumus-rumus yang anda. Sehingga ketika anda menghadapi tantangan yang berbeda, bisa menyelesaikannya dengan mudah, bahkan tanpa mengingat rumus rubik yang anda.

Video Youtube bermain Rubik 3×3 (3 Video)

Selanjutnya bagi anda yang bingung jika tidak melihat secara langsung, berikut ini kami sertakan videonya. Pada video kali ini, adalah pengenalan notasinya terlebih dahulu. Jika sudah kenal dan hafal notasi, barulah anda menghafal rumus-rumus Rubuk untuk masing permainan.

Video 1 || Video 2 || Video 3

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *