4 Skill dasar yang harus dikuasai oleh Marketer Online

Skill yang harus dikuasai oleh marketer Online.

Tidak dipungkiri bahwa internet memang membawa banyak perubahan pada pola interaksi masyarakat. Termasuk dalam hal melakukan transaksi pembelian.

Sehingga bermunculan perusahaan-perusahaan yang menawarkan kemudahan bagi kita. Mulai dari Gofood, Grab dan lain sebagainya.

Tentu saja, sangat disayangkan sekali jika anda sebagai pemilik usaha mengabaikan peluang dan potensi yang sangat besar ini. Oleh karenanya, kami mendorong anda untuk memanfaatkan internet sebagai media pemasaran online.

Nah, agar anda bisa melakukannya dengan baik untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, maka setidaknya anda harus menguasai beberapa skill dasar ini sebelum melakukannya. Beberapa skill dasar tersebut adalah :

Membuat Blog /Website

Skill pertama yang harus anda kuasai untuk melakukan pemasaran online adalah skill membuat website sendiri. Anda bisa menggunakan platform wordpress maupun blogspot.

Namun, jika boleh menyarankan. Kami menyarankan anda untuk menggunakan WordPress. Karena ada banyak sekali kelebihan anda menggunakan CMS WordPres. seperti gratisan, tersedia banyak plugin, themes dan lainnya.

Hanya saja, kami tidak bisa mengulas kelebihan dari WordPress pada kesempatan ini.

Untuk anda yang ingin belajar, silahkan kunjungi saja Kaffah Academy. Salah satu tempat Belajar Membuat Webiste gratis.

Melakukan Riset Pasar

Dalam pemasaran online, riset pasar ini bisa juga diwakili oleh riset keyword. Saat ini ada banyak sekali tool riset keyword gratisan maupun yang berbayar.

Anda diharapkan menguasai cara melakukan riset keyword yang akan di target untuk dioptimasi menggunakan Teknik SEO. Tanpa riset keyword yang benar, peluang sukses anda dalam pemasaran online semakin kecil.

Riset pasar ini juga perlu untuk melakukan validasi pasar. Sehingga anda tidak masuk ke pasar yang sudah sangat berat persaingannya. Atau anda menjual produk yang tidak ada pembelinya secara online.

Dua-duanya penting untuk anda validasi melalui riset keyword.

Menulis dan Copywriting

Ini adalah skill pemasaran online yang sangat penting. Tanpa kemampuan menulis tentu saja anda tidak bisa menawarkan sesuatu secara online.

Oleh karenanya, kami menyarankan agar anda bisa mengasah kemampuan menulisnya agar lebih baik lagi untuk menunjang skill pemasaran online lain yang sudah anda kuasai.

Namun, jika anda tidak berniat untuk mengasah skill menulis ini. Anda bisa mendelegasikan tugas ini kepada Penyedia jasa penulis artikel yang juga banyak kita temukan di Google.

Menguasai SEO Dasar

Selain skill menulis dan membuat website. Anda juga harus menguasai skill SEO. SEO adalah singakatan dari Search Engine Optimization. Sebuah Teknik untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian Google.

Memang SEO ini juga bisa anda delegasikan pada orang lain. Misalnya dengan menyewa Jasa Konsultan SEO. Tapi, jika anda ingin hasil yang lebih bagus dan terukur. Tida ada salahnya bagi anda untuk menguasai skill penting ini.

Setidaknya, itulah beberapa skill wajib yang harus anda kuasai untuk bisa menjadi internet marketer yang sukses.

Tentu saja anda tidak diharus menguasai semuanya sekaligus. Anda bisa mempelajarinya secara bertahap sembari menjalani bisnis online anda. Sehingga anda bisa mengukur hasil anda dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *