Contoh Surat lamaran kerja tulis tangan

Contoh Surat lamaran kerja tulis tangan

Membuat Surat Lamaran kerja tulis tangan

Beberapa perusahaan terkadang meminta kita untuk membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan. Sebenarnya, banyak hal yang ingin mereka pelajari dari surat lamaran yang kita tulis. Salah satunya adalah kepribadian kita.

Agar teman-teman diterima di tempat mengajukan lamaran, pada kesempatan ini kami terdorong untuk berbagi informasi terkait dengan cara membuat surat lamaran menggunakan tulisan tangan. Selain itu, kami juga akan membagikan beberapa contoh surat lamaran tulis tangan.

Sehingga teman-teman bisa langsung mencontohnya, terutama untuk teman-teman yang memang masih bingung cara membuat surat lamaran. Baik yang tulis tangan maupun ketik komputer. Lihat contoh surat lamaran kerja umum disini

Sebelum kami memberikan beberapa contoh surat lamaran tulis tangan, kami ingin menginformasikan beberapa kelebihan dan kekurangan surat lamaran tulis tangan.

Kelebihan pertama dari surat lamaran kerja tulisan tangan adalah disukai oleh banyak perusahaan. Terutama perusahaan-perusahaan besar dan nasional. Melalui surat lamaran ini mereka bisa menilai diri kita, apakah cocok dengan posisi yang sedang mereka cari. Bahkan mereka juga bisa mendapatkan informasi lainnya hanya dengan surat lamaran tulisan tangan itu saja.

Kelebihan lainnya, surat lamaran kerja tulisan tangan pembuatannya cenderung lebih praktis. Kita tiak membutuhkan perangkat komputer dan printer. Cukup menggunakan 1 buah pulpen dan 1 lembar kertas HVS, kita sudah bisa membuat surat lamaran tulis tangan.

Hanya saja, terkadang ketika menulis surat lamaran secara manual, terkadang sering melakukan kesalahan sehingga harus mengulanginya dari awal lagi. Tentu ini akan membuang banyak waktu dan tenaga. Khusus untuk teman-teman yang memiliki tulis tangan yang tidak terlalu bagus, menulis merupakan sesuatu yang sangat dihindari.

Nah, agar menulis surat lamaran kerja dengan tulis tangan menjadi lebih mudah, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Gunakan bahasa yang formal dan baku. Pastikan pilihan kata anda adalah kata-kata yang sopan.
  2. Usahakan tulisan anda dibuat serapi mungkin. Pastikan juga orang lain bisa membacanya.
  3. Hindari kesalahan penulisan. Baik tanda baca maupun redaksional lainnya
  4. Tidak ada satupun coretan dalam surat lamaran kerja anda. Jika ada coretan, kami sarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

Pada tahap awal, kami sangat menyarankan agar anda menulis konsepnya terlebih dahulu. Pada bagian ini, tidak ada masalah jika terdapat coretan. Setelah konsep surat lamaran kerja tulisan tangan ini selesai, selanjutnya barulah anda buat versi yang paling rapi. Pada tahap ini jangan sampai ada coretan dalam surat lamaran anda. Perhatikan juga penggunakan kata dan tanda titik serta koma.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Agar anda semua punya gambaran tentang surat lamaran kerja tulisan tangan, berikut ini juga kami sertakan contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Teman-teman bisa mencontohnya mentah-mentah dengan hanya merubah beberapa hal saja. Akan tetapi, kami sangat menganjurkan agar teman-teman menyesuaikan bahasanya dengan bahasa teman-teman sendiri.

contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Pada surat lamaran kerja yang pertama ini tulisannya lumayan bagus dan rapi. Hanya saja, semua katanya menggunakan huruf besar. Untuk sebagian orang tidak menjadi masalah, hanya saja untuk sebagian yang lain menggunakan huruf besar menunjukan ketidaksopanan. Jadi, hati-hati menggunakan huruf besar seperti surat lamaran diatas.

contoh-surat-lamaran-kerja-tulis-tangan-2

Ini adalah contoh surat lamaran tulisan tangan yang kedua, tulisannya tidak sebagus gambar pertama. Tetapi, masih tergolong bagus karena masih bisa dibaca oleh umumnya orang.  Yang paling penting adalah jangan sampai ada coretan termasuk tertinggal bagian-bagian yang seharusnya ada dalam surat, seperti data pelamar.

Surat-lamaran-kerja-tulisan-tangan-sederhana

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Secara umum format surat lamarannya sama dengan ketik komputer. Yang membedakannya dengan ketik komputer hanyalah cara membuatnya saja.

Namun sebagian besar perusahaan lebih menyukai surat lamaran tulis tangan ketimbang ketik dengan komputer. Khusus untuk surat lamaran yang ingin diajukan ke perusahaan-perusahaan kecil seperti percetakan, toko, UKM dan lainnya, kami menyarankan menggunakan lamaran ketik komputer saja, karena biasanya mereka tidak memiliki biro khusus yang akan menilai surat lamaran anda.

Terima kasih dan semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *