Pemasaran Online

10 Manfaat Website untuk Bisnis yang Harus Anda Ketahui

Ternyata masih banyak pemilik bisnis yang belum menyadari manfaat website untuk bisnis mereka. Padahal, jika mereka mau membuka diri maka mereka akan...

Written by Kaffah ID · 2 min read >
Manfaat Website untuk Bisnis

Ternyata masih banyak pemilik bisnis yang belum menyadari manfaat website untuk bisnis mereka.

Padahal, jika mereka mau membuka diri maka mereka akan menyadari bahwa ada banyak sekali manfaat website yang bisa mereka rasakan, terutama untuk bisnis mereka.

Tidak saja sebagai bentuk eksistensi bisnis kita, website juga mendorong peningkatan omset secara konsisten.

Bahkan, jika dikelola dengan baik. Kehadiran website bisa menjadi channel pemasaran yang sangat bisa di andalkan.

Manfaat Website untuk Bisnis kita

Apa saja manfaat yang bisa didapatkan jika Anda memiliki website untuk jualan online Mari simak selengkapnya di bawah ini:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Website akan menjadi salah satu media untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Berbagai cara promosi bisa dilakukan melalui website misalnya dengan menggunakan SEO atau Search Engine Optimization.

Anda harus menyiapkan strategi promosi yang baik agar bisa menjangkau pasar lebih luas lagi. Keberadaan website akan menjangkau calon pelanggan baru dan mereka bisa mengetahui keberadaan bisnis Anda dengan mudah.

2. Mengurangi Biaya Sewa Tempat

Anda harus memikirkan tempat usaha yang strategis agar dilihat banyak orang. Biasanya di lokasi-lokasi seperti itu biaya sewa tempat terbilang cukup tinggi. Ketika Anda memiliki website toko online, maka bisa dipromosikan di dunia maya tanpa perlu bingung mencari lokasi yang strategis. Jika Anda butuh tempat sebagai kantor atau untuk menyimpan stok barang, maka bisa cari lokasi yang harga sewanya murah.

3. Membantu Meningkatkan Penjualan

Manfaat website untuk bisnis selanjutnya adalah dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Website akan membuat pelanggan semakin mudah membeli produk Anda sehingga semakin cepat melakukan transaksi tanpa datang ke lokasi.

Kemudahan berbelanja melalui website juga akan membuat pelanggan senang dan puas dengan pelayanan yang cepat serta praktis. Pelanggan akan berpikir untuk berbelanja lagi di website Anda.

4. Produk Lebih Mudah Dilihat

Saat memiliki website bisnis maka produk Anda akan lebih mudah dilihat dan dipelajari oleh pelanggan. Para pelanggan bisa melihat produk Anda kapan pun dan di mana pun lewat perangkat internet seperti laptop atau smartphone.

Manfaat website untuk bisnis akan memudahkan pelanggan mempelajari produk Anda. Berikan deskripsi produk serta foto produk yang menarik agar pelanggan semakin yakin untuk membeli produk Anda.

5. Mudah Diakses Oleh Pelanggan

Tidak seperti toko offline yang memiliki jam operasional tertentu, website dapat diakses selama 24 jam. Pelanggan juga akan lebih mudah dan nyaman untuk melihat-lihat serta mempelajari produk Anda. Buatlah tampilan website yang menarik agar pelanggan semakin senang mengunjungi website Anda.

6. Brand Awareness

Ketika website Anda sering ditemukan di internet maka akan semakin banyak orang mengenal dan mengetahui keberadaan bisnis Anda. Kemudian orang akan lebih aware atau peduli dengan produk serta bisnis Anda. Manfaat website untuk bisnis ini akan membuat bisnis Anda terlihat lebih meyakinkan bagi para pelanggan.

Anda juga bisa memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) agar ketika pelanggan mencari kata kunci yang relevan dengan produk Anda di mesin pencari akan menempatkan website Anda di posisi teratas.

7.Meningkatkan Kredibilitas

Adanya website akan semakin membuat toko online terlihat lebih profesional dan terpercaya sehingga kredibilitas bisnis Anda akan semakin meningkat. Terutama jika Anda mengelola website secara professional dengan menampilkan alamat kantor atau toko offline.

Berikan informasi seputar bisnis Anda, seperti struktur organisasi, izin usaha, dan lainnya sehingga pelanggan percaya bahwa bisnis Anda cukup kredibel. Membagikan berbagai testimoni positif dari para pelanggan di website akan membuat bisnis Anda semakin dipercaya dan dinilai baik oleh pelanggan.

8.Mengurangi Budget Operasional

Manfaat website untuk jualan selanjutnya adalah bisa mengurangi budget operasional serta kebutuhan lainnya. Pada toko offline ketika bisnis Anda semakin banyak pelanggannya maka memerlukan kapasitas toko labih besar agar lebih banyak menampung pelanggan. Anda juga butuh menambah karyawan untuk melayani pelanggan.

Tentu saja hal tersebut akan menambah biaya. Apabila menggunakan website,  Anda tidak akan mengeluarkan biaya sebanyak itu. Saat pelanggan di toko online semakin banyak, Anda hanya perlu mencari hosting yang bisa menampung lebih banyak pengunjung. Hosting adalah salah satu komponen yang dibutuhkan untuk membuat website. Biayanya akan lebih sedikit dibandingkan memperluas toko offline.

9.Mengedukasi Pelanggan

Manfaat website untuk bisnis dapat sangat dirasakan jika produk Anda merupakan produk baru yang masih asing di pasaran. Anda dapat menjadikan website sebagai sarana edukasi untuk para pelanggan. Buatlah halaman blog pada website bisnis Anda, kemudian isilah dengan konten edukatif dan informatif mengenai produk Anda. Sisipkan juga link menuju halaman produk Anda agar semakin memudahkan pelanggan mengenal produk.

10.Sarana Publikasi

Website juga bisa digunakan untuk sarana publikasi bisnis Anda. Melalui website Anda bisa memberikan informasi penting seputar bisnis atau produk pada pelanggan. Mengumumkan launching produk baru atau berbagai promo menarik untuk pelanggan melalui website. Anda tidak perlu lagi menggunakan media cetak, TV serta media lainnya untuk mengumumkan informasi penting tersebut.

Ternyata banyak sekali manfaat website untuk jualan yang bisa didapatkan. Anda bisa membuat website untuk bisnis agar bisa mendapatkan manfaat tersebut. Berapa harga buat website? Jangan khawatir, Anda bisa buat website gratis dan praktis di TokoTalk! Anda akan mendapatkan website dengan sistem otomatis yang bisa mengelola bisnis Anda mulai dari penerimaan order hingga notifikasi bagi pelanggan.

Yuk segera buat website untuk bisnis di Tokotalk untuk mendapatkan lebih banyak calon pembeli potensial!

Written by Kaffah ID
Kaffah ID merupakan blog informasi yang membahas berbagai topik-topik menarik. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *